Penyerahan Draft Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) Taman Nasional Sembilang Tahun 2020-2029 kepada Bappeda Sumatera Selatan

0
20

Palembang – Balai TNBS melalui Kepala SPTN II Palembang menyerahkan draft RPJP TN Sembilang Tahun 2020-2029. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2020 di Kantor Bappeda Sumatera Selatan.

Draft diterima oleh Kepala Bappeda yang diwakili oleh Kasubbid Pengembangan Wilayah dan Lingkungan Hidup Bappeda Sumatera Selatan, Ir. Ismail Darwin dan disaksikan oleh perwakilan dari ZSL (Zoological Society of London).

Penyerahan dokumen merupakan rangkaian tahapan kegiatan yang harus dilalui. Dalam hal ini diperlukan rekomendasi dari Bappeda Propinsi Sumsel sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan pengesahan dokumen RPJP oleh Direktur Kawasan Konservasi dan Dirjen KSDAE. Draft dokumen RPJP beserta rekomendasi Bappeda Propinsi selanjutnya diserahkan ke Direktorat jenderal KSDAE untuk mendapatkan review dan pengesahan.

Draft RPJP TN Sembilang disusun mengacu pada P.35/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2016 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Pengelolaan Pada Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam. Penyusunan Draft RPJP ini difasilitasi oleh ZSL sebagai mitra Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang melalui berbagai tahapan mulai dari pembentukan tim kerja sampai dengan konsultasi publik.

Sebagai langkah awal dilakukan Focus Grup Discusion (FGD) tahap pertama untuk menentukan nilai penting kawasan TN Sembilang yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2019. Selanjutnya dilakukan FGD tahap yang ke dua pada tanggal 27 Agustus 2019 untuk membahas isu strategis dan rencana aksi TN Sembilang.

Hasil pelaksanaan dua kali FGD tersebut dilanjutkan dengan pelaksanaan konsultasi publik untuk menyelaraskan rencana pengelolaan TN Sembilang dengan kebijakan pemerintah daerah serta mendapatkan masukan-masukan dari para pihak.

Sumber : Ari Wijaya, SPTN II

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here