Pelatihan Data Mining dan Situation Room Sibelang

0
14

Jambi, 8 Februari 2020. SMART Patrol dan Situation Room merupakan sebagian role model Taman Nasional Berbak yang menjadi arahan Direktorat Jenderal KSDAE. Implementasi SMART telah banyak menghasilkan data yang dapat dimanfaatkan sebagai input bebasis data lapangan untuk pengelolaan kawasan. Sedangkan situation room berbasis web di Taman Nasional Berbak dan Sembilang saat ini sedang dikembangkan dengan nama SiBeLang (Sistem Informasi Berbak Sembilang), dimana nantinya salah satu sumber datanya berasal dari data dan analisis SMART Patrol.

Dalam pengelolaan sistem dimaksud, diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan pemahaman dalam pengelolaan data melalui web, sehingga Balai TNBS bekerjasama dengan ZSL menyelenggarakan kegiatan pelatihan tata cara menggunakan dan mengunggah data ke SiBeLang serta begaimana mengelola dan maintenance SiBeLang dalam bentuk dashboard summary data, grafik dan peta.

Kegiatan pelatihan berlangsung selama 2 hari tanggal 5-6 Februari 2020 dengan materi tentang manajemen adaptif, cara input data serta pembuatan sop dalam hal alur pengumpulan data.

Peserta pelatihan terdiri dari para kepala seksi beserta 2 orang staf, koordinator lingkup Balai TNBS, pengelola GIS dan Sidak Balai TNBS serta staf ZSL. Materi pelatihan disampaikan oleh Kasubbag Data dan Informasi Setditjen KSDAE serta Tim Pengembangan Sistem Informasi ZSL.

Mendapatkan hal baru bagi teman-teman yang ikut serta tentunya tidak mudah, tapi demi terjaganya kelestarian TNBS tidak membuat semangat seluruh peserta pudar dalam menerima hal baru terutama tenang manajemen dashboard yang telah di gagas bersama antara TNBS dan ZSL.

Sumber : Balai TNBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here