Presentasi Proposal Penelitian Perubahan Tutupan Lahan dan Dinamika Suksesi Pasca Kebakaran Hutan Tahun 2015 di TNB

0
70

Jambi, 15 Januari 2020 – Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang (BTNBS) memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat terutama para peneliti dan mahasiswa untuk melakukan berbagai penelitian yang hasilnya dapat memberikan manfaat terhadap upaya pengelolaan kawasan maupun bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Kesempatan itu juga yang diperoleh Miko Pratama mahasiswa Prodi Kehutanan Fakultas Kehutanan Universitas Jambi yang berencana melakukan penelitian mengenai perubahan tutupan lahan dan dinamika suksesi pasca kebakaran hutan di Kawasan Taman Nasional Berbak.

Penelitian yang akan dilakukan oleh Miko dimaksudkan untuk mengetahui perubahan tutupan lahan dan dinamika suksesi yang terjadi di Kawasan terkena dampak kebakaran dengan melakukan pemantauan dan analisis menggunakan penginderaan jauh.

Presentasi Proposal Penelitian Mahasiswa UNJA

Menurut Miko (14/1/2020) dalam presentasi proposalnya, kemampuan penginderaan jauh dapat memberikan informasi secara lengkap, cepat dan relatif akurat dengan biaya yang relatif murah untuk memperoleh data perubahan tutupan lahan pada kawasan terdampak kebakaran hutan di Taman Nasional Berbak. Sedangkan dinamika suksesi dapat dilihat berdasarkan perbandingan gambar-gambar satelit (citra landsat) yang diidentifikasi menggunakan NDVI (Normalized Differences Vegetation Index) atas liputan lahan pada dua atau lebih liputan pada tahun yang berbeda.

Proposal penelitian yang dipresentasikan dihadapan pengelola Taman Nasional Berbak dan Sembilang yang dihadiri oleh Plt. Kasubbag TU Ibu Rini Yuniati, M.Sc, M.Si beserta para pejabat fungsional lingkup Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang telah diterima dengan beberapa perbaikan dan saran terkait data luasan, nomenklatur maupu hal lain yang bersifat teknis terkait kawasan Taman Nasional Berbak yang akan menjadi lokus penelitian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here