Presentasi Penelitian Pengembangbiakan Anggrek Pensil (Papilionanthe hookeriana Rchb.f) Melalui Kultur Jaringan

0
34

Jambi, 8 Januari 2020 – Anggrek pensil (Papilionanthe hookeriana Rchb.f) merupakan salah satu jenis anggrek memiliki tingkat keindahan yang tinggi sehingga pernah dinobatkan sebagaai Ratu Anggrek dan mendapatkan First Class Certificate dari Kerajaan Inggris. Namun demikian jenis anggrek ini merupakan jenis yang langka karena habitatnya yang terbatas dan perkembangbiakannya yang sangat lambat dengan tingkat perbenihan alaminya yang sangat kecil karena jenis anggrek ini tidak memiliki endosperma pada bijinya.

Hal tersebut yang melatar belakangi Firrizqi Andini mahasiswi Fakultas Kehutanan Universitas Jambi untuk melakukan penelitian pengembangbiakan anggrek pensil dengan kultur jaringan melalui metode induksi kalus dengan menggunakan zat pengatur tumbuh berupa auksin dan sitokinin.

Menurut Firrizqi mengutip hasil penelitian Santoso dan Nursandi (2003), perbanyakan tanaman dengan kultur jaringan memungkinkan menghasilkan benih dalam jumlah besar yang sifat genetiknya identik, keseragaman yang tinggi, diperbanyak dalam waktu yang relatif cepat, dan dapat diproduksi sepanjang tahun.

Dalam penelitiannya, Firrizqi menggunakan rancangan acak lengkap dengan 12 kombinasi zat pengatur tumbuh 2,4D dan BAP dengan 3 kali pengulangan sehingga terdapat 36 unit percobaan dan masing-masing unit percobaan terdiri dari 5 botol kultur sehingga terdapat 180 botol kultur, sedangkan media tanam yang digunakan dalam penelitiannya adalah media MS (Murashige and Skoog).

Dari 12 kombinasi zat pengatur tumbuh pada penelitian tersebut, kombinasi terbaik yang menunjukan rata-rata jumlah hari terbentuknya kalus tersingkat dan persentase terbentuknya kalus tertinggi adalah dengan menggunakan 1,5 ppm 2.4 D + 0.5 ppm BAP.

Presentasi hasil penelitiannya ini disampaikan dihadapan Kepala Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang, Bapak Ir. Pratono Puroso, M.Sc dan para pejabat fungsional Pengendali Ekosistem Hutan serta Penyuluh Kehutanan pada Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang pada hari Selasa,tanggal 7 Januari 2019 di Aula Kantor Balai TNBS Jambi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here