GUBERNUR JAMBI BERIKAN NAMA 3 INDIVIDU HARIMAU SUMATERA YANG BARU TERIDENTIFIKASI

0
89
Pemberian Nama Harimau Sumatera oleh Gubernur Jambi

Jambi, 26 Maret 2019 – Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum memberikan nama untuk tiga individu harimau sumatera yang baru teridentifikasi melalui Camera Trap kegiatan monitoring populasi harimau yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang bekerjasama dengan Zoological Society of London (ZSL).

Pemberian nama harimau dilakukan pada rangkaian acara peringatan Hari Bakti Rimbawan Ke-36 Tingkat Povinsi Jambi di Citra Raya City, yang mengangkat tema “Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”.

“Ketiga harimau itu terdiri dari dua jantan dan satu betina. Untuk yang jantan diberi nama Bujang dan Kulup, untuk yang betina diberi nama Supik” ujar Gubernur Jambi Fachrori Umar di kawasan Citra Raya City, Jambi, Sabtu (23/3/2019).

Bujang dan Kulup merupakan nama yang dikenal masyarakat melayu jambi untuk sebutan anak laki-laki, kata Fachrori, sedangkan Supik sebutan untuk anak perempuan.

Sejak tahun 2007, Balai Taman Nasional Berbak (sebelum bergabung dengan Sembilang) bekerjasama dengan ZSL telah melakukan Rapid Survey untuk membuktikan keberadaan dan status populasi harimau sumatera di kawasan Taman Nasional Berbak. Hasilnya, sebanyak 7 individu harimau sumatera teridentifikasi melalui kamera jebak yang dipasang di kawasan Taman Nasional Berbak.

Monitoring populasi harimau sumatera di kawasan Taman Nasional Berbak dan Sembilang terus dilakukan oleh Balai TNBS bekerjasama dengan ZSL menggunakan Camera Trap dengan metode Capture Mark Recapture.

Hingga saat ini diperkirakan kepadatannya 1,4 individu / 100 km harimau sumatera di kawasan Taman Nasional Berbak dan Sembilang yang merupakan salah satu lanskap hutan alam yang menyediakan habitat substansial bagi pelestarian dan penyelamatan populasi harimau sumatera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here