BALAI TAMAN NASIONAL BERBAK DAN SEMBILANG IKUTI UPACARA PERINGATAN HARI BHAKTI RIMBAWAN KE-36

0
57
Upacara Hari Bakti Rimbawan ke 36

Jambi, 25 Maret 2019 – Kepala Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang (TNBS), Ir. Pratono Puroso, M.Sc beserta staf mengikuti Upacara Hari Bhakti Rimbawan ke-36 Tingkat Provinsi Jambi yang diselenggarakan di Citra Raya City, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu (23/03/19).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Gubernur Jambi, Fachrori Umar membacakan pidato Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya. Dalam pidato tersebut, disampaikan bahwa ekosistem hutan merupakan salah satu ekosistem yang sangat penting bagi kelestarian lingkungan.

Menteri Siti juga menjelaskan, selama kurun waktu 40 tahun terakhir telah terjadi evolusi kawasan hutan dari 147 juta hektar sejak sistem Hutan Register menjadi 134 juta hektar pada sistem Tata Guna Hutan Kesepakatan dan menjadi 126 juta hektar luas kawasan hutan saat ini menurut konsep tata ruang, sehingga pemerintah melakukan langkah-langkah korektif bidang kehutanan dan lingkungan.

Mengutip pernyataan presiden, dalam pidato Menteri LHK yang dibacakan oleh Gubernur Jambi, gerakan penanaman pohon secara nasional harus dilakukan di seluruh Indonesia. Rehabilitasi dan penanaman pohon diorientasikan untuk penyelamatan danau, dam/ waduk, pemukiman, serta menjaga keindahan alam sekaligus untuk perluasan kesempatan kerja, serta penyediaan kayu rakyat dan berbagai manfaat ekonomi lainnya.

Hari Bhakti Rimbawan tahun 2019 yang mengangkat tema “Hutan untuk kesejahteraan rakyat dan lingkungan sehat” menurut Fachrori, sejalan dengan semangat dan jati diri rimbawan dalam pembangunan kehutanan dan lingkungan.

Upacara peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 Tingkat Provinsi Jambi juga diikuti oleh para rimbawan dari seluruh UPT Kementerian LHK lingkup Provinsi Jambi, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi dan anggota Pramuka Saka Wanabhakti Kwarda Jambi, serta dihadiri oleh Bupati Muaro Jambi, para kepala UPT Kementerian LHK lingkup Provinsi Jambi dan para pejabat di lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Jambi.

Usai upacara, dilakukan pelepasan burung dan pemberian nama harimau oleh Gubernur Jambi. Selanjutnya, Gubernur Jambi beserta Bupati Muaro Jambi, Kepala Balai TNBS, seluruh undangan dan peserta upacara melakukan penanaman pohon di area yang diperuntukan sebagai ruang terbuka hijau di Citra Raya City, Kabupaten Muaro Jambi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here