Peduli Sampah TN Berbak dan Sembilang Bersih-bersih sampah Bersama Masyarakat dan NGO di Dusun Sembilang

0
169

Sumatera Selatan, Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Taman Nasional Berbak TN Berbak dan Sembilang  (TNBS) SPTN Wilayah II Palembang melakukan aksi bersih-bersih sampah pada tanggal 3-4 Maret 2019, aksi bersih-bersih sampah dilakukan di dalam Zona Khusus Kawasan Taman Nasional Sembilang diikuti oleh NGO (ZSL dan HaKI), Pemerintah daerah setempat (Desa Sungsang IV) serta masyarakat Dusun Sembilang juga anak-anak pelajar dan Mapala.

Afan Absori, ST Kepala SPTN Wilayah II  mengatakan aksi ini merupakan arahan dari Kepala Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang, Bapak Ir. Pratono Puroso, M.Sc. untuk menindak lanjuti himbauan dari Dirjen KSDAE agar seluruh UPT KSDAE di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berpartisipasi dalam pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional.

“Hal ini merupakan bentuk kepedulian UPT lingkup KSDAE terhadap permasalahan sampah yang terjadi secara nasional saat ini,”Ujarnya.

Lanjut kepala SPTN ini menuturkan bahwa tema Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yang telah ditetapkan oleh Menteri KLHK, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya adalah “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”. Untuk mewujudkan tema tersebut maka pelaksanaan kegiatan HPSN di SPTN Wilayah II Palembang TN Berbak dan Sembilang dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 3-4 Maret 2019.

“Pada hari pertama dilakukan kampanye kepada masyarakat untuk peduli terhadap sampah dan pelaksanaan aksi kerja bakti bersih-bersih sampah pada hari berikutnya,”Tuturnya.

Selain aksi bersih-bersih agenda lainya TNBS bersama mitra Zoological Society of London (ZSL) dan Hutan Kita Institute (HaKI) menyampaikan kampanye kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik terutama botol air mineral, memberikan penjelasan mengenai pengertian jenis-jenis sampah, bahaya bagi kesehatan dan lingkungan yang disebabkannya serta solusi subtitutif untuk mengurangi sampah baru dan pengolahan sampah agar menjadi bermanfaat.

Aksi kerja bakti bersih-bersih sampah di sepanjang pantai pada zona khusus Dusun Sembilang yang dilakukan pada hari kedua dilaksanakan pada pagi hari dimana para peserta aksi secara bersama-sama memungut dan memilah sampah menurut jenisnya untuk dimasukkan kedalam karung yang sudah disediakan.

Masyarakat yang hadir terlihat sangat antusias untuk ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan kerja bakti dilihat dari jumlah peserta yang terlibat mencapai ratusan orang. Dengan membawa peralatan seadanya mereka membantu membersihkan sampah. Sampah plastik dipisahkan dari jenis sampah yang lain dan terkumpul sebanyak 117 kg, untuk disumbangkan ke bank sampah yang ada di Dusun Sembilang.

Wijaya Asmara Perwakilan dari ZSL mengatakan Bank sampah yang sudah dibangun saat ini juga dapat dimaksimalkan kemanfaatannya sehingga menjadi solusi permasalahan sampah plastik yang ada di Dusun Sembilang.

“Harapan saya dari kegiatan kampanye yang dilakukan ini, masyarakat menjadi lebih peduli terhadap sampah yang ada di lingkungannya,”Harapnya.

Sedang perwakilan mitra NGO lainya yang bekerja di TNBS yaitu HaKI yang diwakili Manager Kampanye, Adiosyafri, S.Si mengatakan dengan adanya kegiatan ini dapat menibulkan kesadaran masyarakat, khusunya masyarakat dusun sembilang akan pentingnya lingungan yang bersih.

“Apalagi  Dusun sembilang ini masih dalam kawasan Taman Nasional, jadi perlua adanya peran masyarakat untuk menjaga kawasan ini tetap bersih dan indah,”tutupnya.

Editor : Ari Wijaya dan Jadid Ulul Albab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here