Dukungan Norwegia Untuk Pengendalian Karhutla di Desa Rantau Rasau

0
204

Jambi, 2 Maret 2018. Upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan di sekitar kawasan Taman Nasional berbak dan Sembilang (TNBS) diadakan Pembinaan dan Penyadartahuan pengendalian kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat yang berada di sekitar Taman Nasional berbak dan Sembilang. Hal ini sebagai ajakan kepada masyarakat agar peduli dengan Hutan dan lahan yang berada disekitar Taman Nasional Berbak dan Sembilang yang di dukung dari Hibah Negara Norwegia.

Kegiatan Pembinaan dan Penyadartahuan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan diadakan di Gedung Pertemuan Desa Rantau Rasau, Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur provinsi Jambi pada Tanggal 1 Maret 2017

Kegiatan Pembinaan dan Penyadartahuan pengendalian kebakara hutan dan lahan dihadiri oleh perwakilan pengelola Proyek Hibah RI-Norwegia Setditjen KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu Ibu Ernawati dan Ibu Muji, Kepala SPTN Wilayah I Suak Kandis Taman Nasional Berbak dan Sembilang, Kapolsek Berbak, Babinsa Rantau Rasau, Kepala Desa Rantau Rasau, Tokoh masyarakat Desa Rantau serta staf Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Balai Taman NAsional Berbak dan Sembilang yang diwakili Kepala SPTN Wilayah I Suak Kandis, Bapak Syamsu Bahri, SE.

Untuk menyukseskan acara tersebut Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang dalam hal ini Kepala SPTN Wilayah telah mengundang masyarakat desa Rantau Rasau untuk hadir menyukeskan acara tersebut sebanyak 30 orang, namun antusias dari masyarakat akan kegiatan tersebut melebihi undangan yang beredar sebanyak 38 orang.

Bertindak sebagai Narasumber pada kegiatan pembinaan dan Penyadartahuan Pengendalian kebakaran Hutan dan lahan tersebut adalah Kepala SPTN Wilayah I Suak Kandis (Syamsu Bahri, SE) yaitu Dampak Negatif Kebakaran Hutan dan Lahan, Kepala Brigdalkarhut Taman Nasional Berbak dan Sembilang (Hepri Yuda, SP.) Yaitu Teknik Pemadaman Kebakaran hutan dan lahan, Kapolsek Berbak (Kompol. Parlindungan Sagala, SH) yaitu Kebakaran Hutan dan Lahan dari Aspek Hukum.

Pada acara Penutupan kegiatan pembinaan dan penyadartahuan telah meghasilkan kesepakatan bersama berupa Berita Acara Kegiatan Pembinaan dan Penyadartahuan Masyarakat tentang pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Sekitar Kawasan Taman Nasional Berbak dan Sembilang di Desa Rantau Rasau Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Inti dari Berita acara tersebut bahwa masyarakat bersama-sama TNBS, Polisi dan TNI untuk bekerjasama, menjaga dan melindungi Hutan dan Lahan dari kebakaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here